Home » Komputer » Jenis dan Macam-Macam Printer

Beberapa waktu yang lalu, saya telah membahas macam-macam periferal komputer, kali ini saya akan membahas salah satunya, yaitu printer. Seperti yang kita ketahui, fungsi sebuah printer adalah untuk mencetak hasil kerja kita dalam bentuk kertas. Namun, tentunya ada banyak jenis komputer yang beredar di pasaran dan juga digunakan dengan fungsinya sendiri-sendiri yang lebih spesifik. Nah, kali ini saya akan menceritakan, apa saja macam-macam printer yang ada di pasaran.

Di dunia ini, ada beberapa jenis printer yang umum digunakan. Masing-masing jenis printer, mempunyai kekurangan dan kelebihan tersendiri. Cara kerja masing-masing printer juga berbeda. Bisa dilihat dibawah ini beberapa macam-macam printer.

Jenis dan Macam-Macam Printer dan Cara Kerjanya

1. Printer Dot Matrix

Dot Matrix

Printer yang satu ini memiliki cara kerja menggunakan pita tinta dan juga pin kecil. Cetakannya berupa seperti titik-titik yang saling berhubungan, sehingga jika dilihat, kualitasnya kurang memadai. Namun, printer ini sangat cocok untuk pencetakan struk pembelian, ataupun kwitansi. Printer Dot Matrix saat ini susah untuk ditemui untuk yang baru, biasanya hanya tersedia yang bekas saja. Salah satu merk yang masih bisa ditemui adalah Epson dengna beberapa varian.

2. Inkjet Printer

Printer Inkjet

Inkjet printer merupakan salah satu printer yang cukup terkenal beberapa waktu lalu. Cara kerja printer ini menggunakan Nozle yang langsung menyemprotkan tinta kepada kertas. Tidak seperti printer Dot Matrix, printer Ink Jet dapat mencetak hasil yang berwarna. Namun masih ada beberapa kelemahan yang dimilikinya, yaitu memiliki biaya yang lebih tinggi untuk mencetak dengan printer Inkjet ini.

3. Laser Printer

Laser Jet

Cara kerja dari laser printer ini menggunakan toner, pemanas, dan juga listrik statis. Cara kerjanya juga hampir sama seperti mesin fotocopy. Untuk masalah kecepatan, printer ini cukup cepat, yaitu dapat mencetak 8 halaman per menitnya. Namun memiliki kelemahan, yaitu memiliki harga yang cukup mahal.

4. Dye Sublimation Printer

Dye Sublimation

Dye Sublimation Printer menggunakan gulungan film yang transparan memiliki warna merah, biru, kuning, dan abu-abu. Cara kerja dari printer ini adalah menggunakan 4 warna pokok, yaitu CMYK. Pada head print, menggunakan elemen suhu yang bervariasi, tergantung dari keinginan. Setelah itu, pewarna diuapkan dan diserap permukaan kertas sebelum menjadi padat.

Nah, itulah beberapa macam-macam printer yang biasa beredardi pasaran. Namun, masih banyak jenis printer lain yang bisa kita temui. Tapi, mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan kali ini. Selamat membaca artikel jenis dan macam-macam printer.

Tags:

No comments yet, be the first to leave a reply!

Related with Jenis dan Macam-Macam Printer on Smart List 101

Restart Printer Hp F2235 Novel Luncah Anak Dara Abjad Dari A Sd Z Untuk Di Print Www Aldi Cjr Dan Shalsa Winxs Com Id Printer Berkedip Lampu Kuning Mata Uang Dunia Dan Gambarnya Macam Mana Nak Kira Discount Macam Krayon Laser Toning Biaya Trik Ganti Costum Rom Andromax Iad683g Mockingjay Terjemahan Ebook Download Problem Catur Dan Jawabannya