1

Cara Mengetahui dan Menghindari Membeli Baterai Palsu Handphone

Baterai merupaka hal yang penting pada handphone bahkan baterai adalah nyawa dari HP, jika tidak ada baterai maka HP anda tidaklah bisa digunakan.  Pada umumnya saat anda membeli baterai handphone sudah dalam keadaan tersegel dan dijamin keasliannya, namun baterai tersebut tidak akan bertahan lama sekitar 1 tahunan baterai tersebut akan bertahan sesuai dengan cara pemakaiannya.

Baterai HP Palsu

Jika baterai anda sudah soak pastinya anda akan mencari dan mengganti baterai lama dengan baterai yang baru, namun anda harus berhati-hati saat membeli baterai karena jaman sekarang ini para penjual memalsukan baterai palsu menjadi baterai ori yaitu dengan cara menempelkan lebel merk orojinal.  Jika anda mendapatkan baterai palsu tersebut maka akan mempengaruhi performa handphone anda karena kekuatan arus yang tidak stabil membuat baterai cepat menurun kekuatannya. Umumnya baterai-baterai palsu banyak beredar untuk merek handphone yang sedang populer, contohnya baterai palsu BlackBerry, Samsung, LG, dan Nokia.

Agar tidak salah dalam membeli baterai maka anda perlu perhatikan tips atau cara sebagai berikut:

1. Ketahui Harga Produk Baterai

Biasanya baterai palsu dijual dengan harga dibawah baterai oroginal, namun anda jangan terkecoh juga karena ada baterai palsu dijual mahal menyamai baterai original agar meyakinkan pembeli terhadap baterai tersebut.  Sehingga anda perlu punya kenalan teman yang sehari-harinya bekerja sebagai penjual handphone karena dia lebih tahu.

 

2. Perhatikan Teks pada Label

Amati baterai palsu dari kemasannya yang ada pada label belakang pack baterai.  Pada baterai palsu cetakan label tidak bagus dan sedikit buram.  Untuk membuktikannya coba usap permukaan label dengan jari tangan, jika mudah hilang teksnya dipastikan baterai tersebut palsu.

 

3. Cek Stempel pada Pack Baterai Original

Pada umumnya baterai dibuat di Cina, termasuk yang original.  Jadi banyak pedagang menambahkan stempel made in Cina atau kw (kualitas)-1 didalam pack baterainya. Hal ini harus ditanyakan kepada pedagang, apakah disertakan bersama produknya atau dicetak kemudian. Beberapa produk kw-1 banyak pedagang telah mencampurnya dengan produk kw-2 , 3 dan seterusnya.

 

4. Lihat Hologram pada Baterai

Kalau bagian ini sudah sulit untuk dibedakan lagi karena label hologram banyak dijual sehingga para pedagang baterai mudah untuk menempelkan ke baterai palsu.  Hologram asli dan yang palsu bentuk dan ukurannya hampir sama.  Tapi, jika dilihat dengan teliti, pemasangan hologram ini terkadang diletakkan miring atau tidak beraturan. Anda juga bias teliti ejaan teks yang ada dalam stiker dan hologram. Beberapa diantaranya ada yang salah ketik dengan ejaan yang tidak benar.

 

Demikian tips dan Cara Mengetahui dan Menghindari Membeli Baterai Palsu Handphone semoga bermanfaat bagi anda 🙂

Admin

One Comment

  1. Boss, bagi ilmunya ya … aku belum bisa copy Memo dan messages keluar dari inernal memory-nya Samsung Galaxy Young Duos, padahal OS keliatannya perlu di-reinstall ke service centre. Thanks a lot ya Boss. Reply-nya ditungg ke-email aku yang ini, kalo boleh lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *